KEPASTIAN GOOGLE SERIUSI WEARABLE GADGET

Red. by Berliani (Internet)   

   Google akhirnya memberi kepastian bakal terjun ke segmen "wearable gadget". Kepastian ini terungkap setelah Google menjanjikan akan meluncurkan piranti lunak pengembangan aplikasi (SDK-software development kit) yang dibuat khusus untuk perangkat wearable.

   Hal tersebut diungkapkan oleh Sundar Pichai, Google Senior Vice Presiden of Android di acara konferensi SXSW di Austin, Texas, seperti dikutip dari Cnet (9/3/2014).


   Menurut Pichai, SDK Google untuk wearable gadget tersebut akan dirilis dalam waktu dua minggu ke depan atau akhir bulan Maret 2014. Dengan demikian, pengembang pihak ketiga mulai bisa menggunakan sistem operasi Android agar bisa digunakan di perangkat wearable.

   "Dalam dua minggu ke depan kami akan meluncurkan SDK pertama untuk Android, sehingga developer bisa memiliki pandangan tentang pasar segmen ini," ujar Pichai.

    Dengan meluncurkan SDK tersebut, Google kian santer dirumorkan bakal membuat sistem operasi yang didesain agar berjalan di gadget wearable, seperti smartwatch. Selain software, Google juga dirumorkan membuat perangkat jam tangan pintar versi mereka sendiri.

    Sumber dalam Google mengatakan kepada Cnet pada Februari lalu bahwa saat itu Google sedang terlibat pembicaraan dengan vendor Korea, LG untuk kemungkinan kerja sama membuat smartwatch. Rencananya, smartwatch tersebut akan dipamerkan di ajang Google I/O bulan Juni nanti.

    Sistem operasi smartwatch-sentris yang dibuat Google dikatakan sumber tersebut berbasis pada voice assistant Google Now dan fitur pencariannya. Dua fitur itu juga diketahui digunakan di Google Glass.

     Pasar smartwatch memang belum menghasilkan keuntungan yang signifikan. Namun, menurut riset yang dilakukan Juniper Research, segmen smartwatch akan memiliki nilai bisnis hingga 19 miliar dollar AS pada tahun 2018 mendatang.



Share :
ITALIC Solution
IT - Consultant

© ITALIC Solution - Development Team
Jakarta - Indonesia